Kamis, 28 November 2013

[Contoh] Program Kerja Ekskul Korean Club



Program Kerja Ekstrakulikuler
-Korean Club-






Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillahirobbil ‘alamin, puji dan syukur saya panjatkan kepada kehadirat Allah S.W.T karena dengan karunia serta rahmatnya, saya diberi kemudahan untuk menyelesaikan Program Kerja Ekstrakulikuler Korean Club ini.
Terimakasih saya ucapkan kepada ibu guru yang telah memberi kesempatan dan kepercayaan kepada saya untuk membuat rencana program kerja ini. Karena tanpa kesempatan ini, saya tidak akan bisa menyalurkan aspirasi saya mengenai perencanaan kegiatan ekskul Korean Club yang akan perdana diadakan di SMAN 9 Bogor.
Terimakasih juga untuk orang-orang disekitar saya yang turut memberi dukungan hingga pada akhirnya Program Kerja ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Akhir kata, saya harap program kerja yang telah saya buat ini kedepannya dapat terealisasikan.
Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

Bogor, 14 November 2013

Hafshah Shafya



~1~
Daftar Isi
Kata Pengantar................................................................................................1
Daftar Isi..........................................................................................................2
Bab I Pendahuluan....................................................................................3
1.1.              Pengertian..................................................................................3
1.2.              Maksud dan Tujuan.................................................................3
Bab II Nama, Target, dan Jadwal Kegiatan...........................................4
2.1. Nama Kegiatan..........................................................................4
2.2. Target Kegiatan........................................................................4
2.3. Jadwal Kegiatan.......................................................................4
Bab III Rencana Program Kerja............................................................5
3.1. Rencana Jangka Pendek dan Menengah................................5
3.2. Rencana Jangka Panjang.........................................................6
Penutup.....................................................................................................7
 






~2~

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.              Pengertian
Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan yang  berada di luar program tertulis di kurikulum sekolah dan biasanya sekolah memberikan luang waktu untuk terlaksananya kegiatan tersebut di hari-hari tertentu. Kegiatan ini sangat berguna untuk membantu siswa/i menemukan jati dirinya pada bidang-bidang tertentu. Selain itu, dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler, siswa/i mempunyai wadah untuk mengembangkan minat dan bakatnya yang mungkin dalam kesehariannya belum bisa tersalurkan.
Para siswa/i SMA adalah anak-anak yang cenderung masih labil. Karena pada masa-masa inilah terjadinya peralihan pribadi seorang anak menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bertanggungjawab.  Kecenderungan lainnya adalah mereka memiliki kesamaan minat pada suatu hal dan akhirnya membuat suatu kelompok. Karena itulah kegiatan ekstrakulikuler mempunyai peran untuk mengarahkan kesamaan minat yang dimiliki sekelompok anak menjadi suatu hal yang positif serta menambah ilmu pengetahuan.
1.2.              Maksud dan Tujuan
Berkaitan dengan hal-hal sebagaimana dijelaskan di atas, ekstrakulikuler Korean Club yang sudah sampai pada tahap perekrutan anggota, diharapkan dapat segera diresmikan oleh sekolah dan juga secepatnya dapat dilaksanakan kegiatannya. Dalam hal ini, akan saya rincikan langkah-langkah yang sekiranya akan diwujudkan dalam kegiatan ekstrakulikuler Korean Club sebagai wadah penyaluran minat siswa/i terhadap negara asing, Korea.
Tujuan dari rencana program kerja ekstrakulikuler ini adalah sebagai acuan pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler yang mana akan segera diadakan(resmi) di SMAN 9 Bogor, sebagai sekolah menengah atas pertama  di Bogor yang akan mengadakan ekstrakulikuler Korean Club.



~3~
BAB II
NAMA, TARGET, DAN JADWAL KEGIATAN

2.1. Nama Kegiatan
Nama kegiatan ekstrakulikuler yang akan diselenggarakan adalah “Korean Club”

2.2. Target Kegiatan
Target atau sasaran dari kegiatan ini adalah siswa/i SMAN 9 Bogor yang mempunyai kesamaan minat dengan Negara Korea.

2.3. Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan masih dalam perundingan, karena ekstrakulikuler ini belum berjalan.

















~4~
BAB III
RENCANA PROGRAM KERJA

3.1.Rencana Program Kerja Jangka Pedek dan Menengah
Berikut rencana kegiatan jangka pendek dan menengah yang meliputi:
Ø Perkenalan dan penjelasan mengenai Kegiatan Ekstrakulikuler Korean Club kepada anggota yang sudah resmi di rekrut. Perundingan mengenai penetapan jadwal kegiatan yang sebisa mungkin saling menyesuaikan antara pihak satu dan lainnya.
Ø Pembagian jadwal kelas (Budaya, Bahasa, Publikasi).
Ø Mengikuti pertemuan rutin (setiap kelas) sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.
Dalam hal ini:
                  I.       Kelas Budaya
Dalam kelas ini anggota diberi pengetahuan lebih mengenai kebudayaan di Korea, tradisi dan kebiasaan yang berlaku di daerah-daerah tertentu disana, serta mempelajari setidaknya beberapa sejarah umum di Korea.
Hal ini dapat direalisasikan diantaranya dengan cara menonton drama sageuk (kerajaan) atau dengan mengunjungi tempat yang kiranya dapat menambah wawasan tentang Korea.
              II.       Kelas Bahasa
Dalam kelas ini, anggota diberikan pelajaran mengenai  Bahasa Korea-Hangul (Reading-Writting-Speaking).
Untuk cara pengajarannya bisa direalisasikan dengan menonton drama, menerjemahkan lagu,  menyanyikan lagu korea, membaca lirik lagu korea (hangul), dan sebagainya.
           III.       Kelas Publikasi
Dalam kelas ini, anggota diberi pengarahan pada hal-hal yang menyangkut cara mempublikasi/bidang jurnalistik. Seperti belajar menulis artikel, mengarang

~5~
cerita, mempublikasikan karya tulis, membuat blog/website yang bagus, dan sebagainya.
Bentuk perwujudannya adalah dengan melakukan praktek. Bisa dengan praktek menulis, praktek membuat blog/website, dan lain-lain.

3.2.Rencana Program Kerja Jangka Panjang
Dalam program kerja jangka panjang ini di rencanakan akan mengembangkan program-program jangka pendek dan menengah sebagaimana tersebut di atas.
Selain itu, terdapat rencana program puncak atau program tahunan, seperti:
·      Melakukan Kunjungan
Dengan melakukan kunjungan-kunjungan ke tempat-tempat yang memiliki arti Korea sendiri, bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, dapat memberi warna dan kesan tersendiri, agar suatu ekskul tidak membosankan.
·      Mengadakan Festival
Seperti festival chuseok misalnya, dalam hal ini diharapkan para anggota Korean Club di SMAN 9 Bogor dapat mengadakan acara festival sendiri dengan target/sasaran pengunjung murid SMAN 9 sendiri maupun umum.
Diharapkan pula, keseriusan anggota ekstrakulikuler dalam mengikuti kegiatan Korean Club ini dapat memunculkan bibit-bibit yang berwawasan luas, berprestasi dalam bidang jurnalistik dan bila memungkinkan ada setidaknya seperbagian dari seluruh anggota yang menguasai Bahasa Korea. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu anggotanya yang berminat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Seperti jurusan bahasa dan kebudayaan Korea, jurusan ilmu hubungan international, dan lain sebagainya.
Adapun anggaran dana yang akan diajukan untuk menunjang tiap kegiatan dalam program kerja tersebut akan disesuaikan dengan pihak pengurus dengan persetujuan orangtua/wali anggota ekstrakulikuler.

~6~
Penutup

Demikianlah rencana program kerja yang dapat saya paparkan, yang tentunya masih sangat jauh dari kata sempurna. Banyaknya kekurangan diantaranya mungkin karena kurangnya pengetahuan saya dalam menyusun sebuah program kerja.
Saran dan kritik yang membangun juga saya harapkan agar jika diberi kesempatan kedepannya saya akan dapat memperbaiki kesalahan sebelumnya.
Semoga program kerja ini dapat membantu menjadi acuan bagi terlaksananya kegiatan ekskul Korean Club nantinya.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar