Minggu, 30 November 2014

Apa itu CERMIN (drabble) ?



Yuk, Mulai Ber-CERMIN

Kamu suka menulis? Kamu pingin jadi penulis? Kamu sering nulis tapi masih urung selesai? Nah, kamu harus coba ini..
CERMIN!

Cermin (Cerita Mini) atau yang sering kita kenal dengan nama keren drabble merupakan cerita singkat yang terdiri dari 100-200 kata saja. Untuk bagaimana spesifikasinya, jujur, cermin itu bermacam-macam, ada yang kejadian satu scene, ada yang mirip monolog, pokoknya sepinternya kita aja deh hehe

Seringkali kita kesel  kalau tulisan gak kelar dan pada akhirnya menggunung diantara sekian docs yang juga gak tuntas-tuntas. Padahal di ide, kita udah tau banget akhirnya bakal gimana dan plot yang ada, kita udah tahu garis besarnya. Tapi, as always,  pas kesepuluh jari udah bertengger di keyboard, kita seakan terserang writer’s block.  

Eh, tapi gak apa-apa. Denger-denger, banyak penulis yang awalnya juga hobi menumpuk cerita-tak-tertuntaskan, dan jangan salah, tulisan-tulisan tak-tertuntaskan itu kelak yang menjadi ide menyambung yang hanya perlu di remake atau diteruskan. 

Kalau mau contoh, em.. Penulis fenomenal Dee Lestari! Katanya, naskah Perahu Kertas (yang baru 33 bab waktu itu) sudah sebelas tahun bersarang di komputernya (sejak dia kuliah) sebelum naskah itu booming dan sampai di adopsi menjadi film dengan judul yang sama. Dan buku terbarunya: Filosofi Kopi (Kumpulan Cerpen dan Prosa Satu ‘DEKADE’ Dee). Kalian pasti udah denger kan, seberapa Wah-nya Filkop yang tahun depan akan dirilis filmnya, yang pembuatan filmnya ikut menyertakan audience dan akan menggaet 2 audience beruntung untuk ikut duduk dibelakang sutradara, mereka bakal ikut nge-direct filmnya! Oke, itu.. keren.

Balik lagi, jadi intinya, teruslah menulis biar pun satu file cuma jadi separagraf, atauh bahkan, sekalimat (semangat!).

Dan untuk mengasah kemampuan kita dan memuaskan diri dengan terselesaikannya tulisan..
Kalian bisa mulai dari menjadi penulis CERMIN! Cuma 100-200 kata, lebih singkat dari cerpen, dan pastinya lebih mudah untuk mencapai predikat: SELESAI. Karena karya yang baik adalah karya yang selesai.

Saran membuat cermin: Coba baca-baca dulu contoh cermin, agar memudahkan kita saat mengolah ide.
So, Keep writing!  (contoh CERMIN: Obor Runcing, klik disini)

PS : Projek Mading ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar